SELAMAT DATANG di blog SOLUSI SAIN, blognya Pencinta Sain

Blog ini dibuat untuk membantu siswa-siswi yang mengalami masalah dalam pembelajaran MAFIKI.
Juga sarana silaturrahmi para Pencinta Sain. Pengunjung juga dapat diskusi di grup fb: SUKSES SAIN

Senin, 25 Juli 2011

KUNCI SUKSES NICERmania

NICERmania, kamu mau success di UN dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi kan? Baca yang ini dulu dong!

Tips 'N Triks Belajar Efektif

          Belajar dengan waktu yang lama belum tentu hasilnya memuaskan jika belajar kita tidak efektif, setelah berjam-jam membolak-balik buku tapi tetap saja ngga ada yang nyangkut di otak. Itu berarti belajar kita tidak efektif. Cobalah beberapa tips berikut agar belajar kamu-kamu bisa lebih efektif.
1.     Bikin body se-fresh mungkin, dengan gitu membuat pikiran kita juga lebih fresh. Mandi, adalah salah satu caranya
2.     Cari suasana yang paling nyaman. Bisa di taman, di tempat sunyi (asal jangan keterusan ngelonjor, ngelamun jorok or tidur). Biasanya juga memutar musik yang ngebantu kita merasa betah dan comfortable. Bersihin dan rapiin tuh kamar, ini membantu lebih berkonsentrasi.
3.     Susunlah hubungan-hubungan yang terjadi. Dari catatan-catatan kecil tersebut, buatlah semacam kerangka yang menjelaskan dari awal dan akhir. Ini membantu untuk mengerti apa yang sebenarnya atau memahami pelajaran yang dipelajari. Dengan demikian, otak kamu terlatih untuk menganalisis sebuah permasalahan dan menemukan bagaimana mengatasinya. Berbeda dengan sekedar menghapal, tanpa tahu apa yang sebenarnya, ini tidak akan berlangsung lama dan sebelum kamu selesai menghapal seluruhnya, hapalan yang pertama sudah lupa lagi. Sekali lagi, hematlah penggunaan memori kamu, karena memori kamu bukan hardisk. Agak lama memang, tetapi akan lebih menarik dan sekali mengerti tidak mudah untuk lupa karena yang diingat memori kamu adalah hasil pemahaman otak bukan tulisan-tulisan di buku.
4.     Hindari SKS (Sistim Kebut Semalam). Ini akan membuat badan kamu jadi meriang dan sakit. Otak manusia itu punya batas. Kagak bisa dipaksain untuk bekerja terus-menerus dan sekaligus. Kenapa? Karena otak dirancang untuk bekerja efisien, apabila ada pemahaman baru, maka pemahaman yang lama akan dihapus dan diganti pemahaman yang baru. Pemahaman yang kita peroleh sifatnya bertahap yang semakin lama akan semakin bagus. Ini yang disebut kemampuan belajar. Contohnya kita belajar 10 bab, apabila dipaksaain sepuluh bab dipelajari
seluruhnya, otak kita akan berusaha memasukkan 10 pemahaman. Kalau kagak cukup, jadinya akan kacau, tumpang tindih kagak karuan. Tetapi kalau bertahap, setelah kita baca 2 bab misalnya, pemahaman kita pada bab satu akan diperbaharui dengan pemahaman setelah kita baca bab 1 dan bab 2, demikian seterusnya sehingga setelah 10 bab, otak kita akan menyimpan sebuah pemahaman tentang 10 bab sebagai satu kesatuan, bukan 10 pemahaman.
5.  Istirahat sejenak. Otak kita butuh istirahat, kalau sudah jenuh, istirahat beberapa saat untuk mengendurkan otot termasuk mata. Setelah itu baru mulai lagi. Dengan begitu engga terasa otak kita akan bertahan cukup lama untuk belajar.
6.    Buatlah kesimpulan pada setiap akhir kegiatan belajar. Dengan demikian kamu akan mendapatkan inti dari keseluruhan apa yang telah dipelajari.
7.   Belajar Kontinyu. Biasakanlah menganggap belajar sebuah kebutuhan, seperti makan, tidur, nge-game dsb. Disamping jadi smart, hal ini akan melatih otak untuk kritis dan cepat memahami hal-hal baru. Jadi engga ada istilah telmi, malu-maluin

Tips 'N Triks Persiapan Ujian

          Untuk melakukan ujian dengan baik, mula-mula kamu harus mempelajari dan melakukan review materi sebelum ujian. Berikut adalah beberapa teknik untuk memahami materi ujian dengan lebih baik:
1.       BELAJAR & PASCA BELAJAR
a.    Review catatanmu segera setelah kelas
b.   Review catatanmu dengan singkat sebelum masuk kelas kembali
c.    Jadwalkan waktu yang agak lama untuk review catatan tersebut setiap minggunya
2.      REVIEW
a.    Atur catatan (terutama metode C4S), teks dan tugas-tugasmu
b.   Perkirakan waktu yang kamu butuhkan untuk melakukan review
c.    Buatlah jadwal review yang terdiri dari waktu dan bahan materi
d.   Ujilah dirimu sendiri dengan materi tersebut
e.    Perbanyaklah latihan soal untuk pelajaran hitungan.
f.    Asahlah metode C4S yang telah kamu dapatkan di NICEinstitute
g.   Jangan lupa, review kamu berpedoman pada panduan yang kamu dapatkan di NICEinstitute
h.   Selesaikan belajarmu sehari sebelum ujian dimulai
i.   Jangan lupa berdoa dan mintalah doa restu dari ortu, guru, teman, dan doi
j.    Rajinlah ikut Try Out (terutama kalo gratis). Buatlah grafik hasil TO dan analisalah. Kartu Analisa dapat kamu peroleh di NICEinstitute

Tips 'N Triks Saat Ujian

          Ketika kamu melakukan ujian, kamu sedang mendemonstrasikan kemampuanmu dalam memaha-mi materi ujian, atau dalam melakukan tugas-tugas tertentu. Ujian memberikan dasar evaluasi dan penilaian terhadap perkembangan belajarmu. Ada beberapa kondisi lingkungan, termasuk sikap dan kondisimu sendiri, yang mempengaruhimu dalam melakukan ujian sepuluh tips untuk membantu kamu dalam mengerjakan ujian:
1.        Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.  
    Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil 2B, jam (tangan), penghapus, penggaris, dan lain-lainnya.  Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.
2.      Tenang dan percaya diri. 
    Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.
3.        Bersantailah tapi waspada. 
    Pilihlah kursi yang nyaman untuk mengerjakan ujian.  Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya.  Pertahankan posisi duduk tegak.
4.        Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas). 
     Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal.  Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit.  Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.
5.        Jawab soal-soal ujian secara strategis. 
     Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang lebih sulit. 
6.        Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
    Mula-mulai, abaikan jawaban yang kamu tahu salah.  Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai(pada UN), atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan.  Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan (UM/UMB/SNMPTN).  Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.
7.  Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis. 
      Model soal ini biasanya kamu dapatkan jika kamu ikut seleksi masuk PTN luar negeri. Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis.  Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.
8.       Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya. 
     Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama.  Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu.  Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil.  Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.
9.       Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu. 
     Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian.  Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan.  Baca ulang jawabanmu untuk meme-riksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca.  Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal).  Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.
10.    Analisa hasil ujianmu. 
     Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya.  Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu.  Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah.  Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

Nah, kalo kamu sudah memahami tiga halaman ini, tinggal kamu do it. Hasilnya pasti very NICE.






JADILAH SEBAIK-BAIK DIRIMU SENDIRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar