SELAMAT DATANG di blog SOLUSI SAIN, blognya Pencinta Sain

Blog ini dibuat untuk membantu siswa-siswi yang mengalami masalah dalam pembelajaran MAFIKI.
Juga sarana silaturrahmi para Pencinta Sain. Pengunjung juga dapat diskusi di grup fb: SUKSES SAIN

Senin, 25 Juli 2011

STRATEGI PEMECAHAN MASALAH DALAM OLIMPIADE MATEMATIKA

Berhadapan dengan masalah tidak rutin dan kemudian mencoba menyelesaikanya merupakan cirri khas bagi makhluk yang berakal. Pemecahan masalah (Problem Solving) merupakan latihan bagi siswa untuk berhadapan dengan sesuatu yang tidak rutin dan kemudian mencoba menyelesaikan. Ini adalah salah satu kompetensi yang harus ditumbuhkan pada diri siswa. Kompetensi seperti ini ditumbuhkan melalui bentuk pemecahan masalah (Problem Solving).

Pembelajaran pemecahan masalah tidak sama dengan pembelajaran soal-soal yang telah diselesaikan (Solved Problems). Pada pemecahan masalah kita memberikan bekal kepada siswa berbagai teknik penyelesaian untuk menyelesaikan masalah. Strategi ataupun taktik untuk menyelesaikan soal dengan cara ini disebut HEURISTICS, karena pada dasarnya pembelajaran harus dapat menemukan sendiri. Pada bab ini kita membahas berbagai Strategi dari yang sederhana, sampai strategi yang cukup kompleks. Di antaranya adalah menerka dan menguji kembali; membuat daftar yang teratur; mengasumsikan jika sebagian dari soal telah terselesaikan; menghapuskan beberapa kemungkinan; menyelesaikan soal yang setara; menggunakan sometri; memperhatikan hal khusus; menggunakan alasan langsung; menyelesaikan suatu
persamaan; lihat pola yang muncul; mengskets suatu gambar; memikirkan soal yang sejenis yang telah diselesaikan; menyelesaikan soal yang lebih sederhana; menyelesaikan soal yang mirip; bekerja mundur dan menggunakan formula atau rumus ([PH]).

Menurut POLYA ada 4 langkah yang perlu dilakukan dalam menyelesaikan soal.

Memahami soal yang ada
1. Apakah kita mengetahui arti semua kata yang digunakan? Kalau tidak, carilah di indeks, kamus, definisi dan lain sebagainya.
2. Apakah kita mengetahui yang dicari atau ditanya?
3. Apakah kita mampu menyajikan soal dengan menggunakan kata-kata sendiri?
4. Apakah soal dapat disajikan dengan cara lain?
5. Apakah kita dapat menggambar sesuatu yang dapat digunakan sebagai bantuan?
6. Apakah informasi cukup untuk dapat menyelesaikan soal?
7. Apakah informasi berlebihan?
8. Apakah ada yang perlu dicari sebelum mencari jawab dari soal?

Menyusun suatu Strategi
1. Kita akan membahas berbagai strategi yang ada, tetapi jangan ragu-ragu untuk mencoba salah satu dari strategi untuk digunakan menyelesaikan soal yang kita hadapi.
2. Pada umumnya, strategi yang berhasil diketemukan setelah beberapa kali mencoba strategi yang gagal. Kegagalan adalah satu langkah kecil untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Melakukan strategi yang telah dipilih
Langkah ini lebih mudah dibandingkan menyusun strategi. Disini hanya diperlukan kesabaran dan kehati-hatian untuk menjalankan.

Melihat kembali pekerjaan yang telah dilakukan
Selanjutnya, karena perlu menyusun strategi baru yang lebih baik atau menuliskan jawaban dengan lebih baik.

KARAKTERISTIK YANG BAIK BAGI ORANG UNTUK MAMPU MELAKUKAN PROBLEM SOLVING

Di Amerika Serikat, penyelidikan tentang Pemecahan masalah telah dilakukan beberapa puluh tahun yang lalu. Di antaranya penyelidikan dilakukan oleh DONSON (1971). Menurut mereka kemampuan pemecahan masalah yang harus ditumbuhkan adalah:
a. kemampuan mengerti konsep dan istilah Matematika.
b. Kemampuan untuk mencatat kesamaan, perbedaan dan analogi.
c. Kemampuan untuk mengidentifikasi elemen terpenting dan memilih prosedur yang benar.
d. Kemampuan untuk mengetahui hal yang tidak berkaitan.
e. Kemampuan untuk menaksir dan menganalisa.
f. Kemampuan untuk memvisualisasi dan menginterpretasi kuantitas atau ruang
g. Kemampuan untuk memperumum berdasarkan beberapa contoh.
h. Kemampuan untuk berganti metode yang telah diketahui
i. Mempunyai kepercayaan diri yang cukup dan merasa senang terhadap materinya.

Selain kemampuan di atas, siswa mempunyai keadaan yang tentu untuk masa yang akan datang sehingga dengan percaya diri dapat mengembangkan kemampuan tersebut.

SARAN UNTUK PENGAJAR

Menurut mereka, untuk mengembangkan kemampuan di atas, guru memberikan hal berikut:
a. Ajari murid dengan berbagai strategi yang dapat digunakan untuk berbagai soal.
b. Berikan waktu yang cukup untuk murid mencoba hal yang ada.
c. Ajaklah murid untuk menyelesaiakan dengan cara lain
d. Setelah jawaban diperoleh, ajaklah murid untuk melihat kembali, melihat kemungkinan lain, mengatakan   dengan bahasa sendiri, kemudian ajaklah untuk mencari penyelesaian dengan cara yang lebih baik.
e. Jika kita berhadapan dengan meteri sulit, tidak berarti kita harus menghindar, tetapi gunakan cukup waktu untuk mengulang dan mengerjakan soal yang lebih banyak. Mulailah dengan mengerjakan soal serupa dan kemudian soal yang lebih menantang.
f. Fleksibilitas di dalam pemecahan masalah (Problem Solving) merupakan perilaku belajar yang baik.

1 komentar:

  1. Woori Casino Login - Play on Mobile or Desktop
    The Woori Casino App will be available at Woori Casino on a https://septcasino.com/review/merit-casino/ mobile or desktop 메이피로출장마사지 basis. To play novcasino on our mobile or desktop, you can also play with your febcasino.com desktop https://octcasino.com/ browser,

    BalasHapus